Jumat, 25 Februari 2011

Cara mengatasi ular yang masuk ke dalam rumah


Apabila bertemu atau mendapati seekor ular masuk kedalam rumah atau pekarangan, maka hal terpenting yang dilakukan pertama kali ialah diam. Karna ular sangat peka terhadap gerakan. Lakukan penganalisaan terhadap jenis ular yang tersebut. Tipikal ular tidak bebisa dan berbisa menengah akan menghidar jika bertemu manusia. Sambil melakukan analisa, amati dan perhatikan kemana ia pergi. Hal ini bermaksud agar tidak kehilangan jejak akan ular tersebut. Apabila kehilangan jejak (tidak tahu ular tersebut kemana atau bersembunyi dimana), maka akan berbahaya bila ular tersebut masih berada didalam rumah. Yang penting ialah jangan panik dan berpikirlah yang jernih. Waspadai kanan kiri mungkin ada ular lainya. Jangan pernah berniat untuk membunuhnya. Sebagaimana hal ini ditafsirkan karena ular memiliki insting yang peka akan niat jahat dari dalam diri manusia. 
Dengan mengenali jenis ular yg kita temui kita bisa mengambil langkah pertama, apakah akan disingkirkan, dibiarkan atau ditangkap untuk diamankan. Jika kita tidak mengenal dengan pasti jenis ularnya sangat tidak disarankan untuk menangkapnya, karena sangat berbahaya jika ular tersebut bebisa tinggi. Mencoba untuk mengusirnya dengan menggunakan suatu benda yang panjang(sapu,tongkat kayu) adalah merupakan hal yang cukup baik. Namun cara yang lebih baik lagi setelah melakukan pengamatan terhadap ular tersebut serta mengikuti kemana atau ke kolong apa ular tersebut melata ialah dengan menghubungi warga atau lembaga penanggulangan hewan yang ada.
Hal ini bermaksud agar dapat mengidentifikasi kemungkinan ular tersebut berasal atau bahkan telah memiliki sebuah sarang atau tidak pada rumah anda. Namun bila memang tidak memungkinkan untuk melakukan langkah-langkah ini, maka silahkan bunuh ular tersebut. Demi keselamatan keluarga.


Hal-hal yang sebaiknya dilakukan bila bertemu ular di dalam rumah :
1. Diam ( Jangan Panik )
2. Analisa Jenisnya
3. Amati arah perginya
4. Waspadai sekitar
5. Jangan berniat membunuhnya
6. Hubungi pihak berwenang

3 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya. masalah utama saat melihat ular dalam rumah, bahwa ia akan menyerang dan mematuk kita penghuni rumah. Padahal sebagian besar ular yg masuk ke rumah tidak berbahaya dan tidak berbisa.

    Suharman Musa

    http://harry-reminiscences.blogspot.com/
    http://suharman-musa.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Itu yg jadi model kok santai sekali ya?
    Jangan-jangan memang hobi pelihara ular tuh. :P

    BalasHapus
  3. baca ayat kursi ,sesungguhnya itu adalah jin yang di utus syeithan,
    dan ALLAH mengingatkan bahwa ada kekeliruan yang telah di perbuat,
    sesungguhnya ALLAH maha pengasih lagi maha penyayang.

    BalasHapus