Jumat, 25 Februari 2011

Pertolongan pertama pada gigitan ular


Apabila terkena gigitan ular yang berbisa rendah ataupun tinggi, maka langkah-langkah penanganannya adalah sebagai berikut :

·         Jika terpatuk, langsung gunakan pembalut atau bahan lain yang serupa dan ikatkan dengan kencang. ikatkan seluas mungkin daerah yang dipatuk. Usahakan menggunakan penyangga atau kain penggantung. Kurangi aktifitas atau gerakan korban untuk mencegah penyebaran bisa. Selalu posisikan daerah yang terpatuk lebih rendah dari jantung.



·         Jangan pernah memperlebar luka bekas gigitan karena dapat menyebabkan infeksi dan trauma pada korban. Juga jangan pernah menghisap darah dari bekas luka patukan. Selain beresiko jika ada luka pada mulut penolong, juga tidak terlalu efektif dalam mengurangi jumlah bisa yang masuk.



·         Penting untuk meyakinkan korban bahwa kemungkinan selamatnya tinggi karena telah banyak antivenom (baik monovalent maupun polivalent) di rumah sakit.



·         Jangan pernah izinkan pasien untuk meminum alkohol.



·         Segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Informasikan kepada dokter mengenai penyakit yang diderita pasien seperti asma dan alergi pada obat-obatan tertentu, atau pemberian antivenom sebelumnya. Ini penting agar dokter dapat memperkirakan kemungkinan adanya reaksi dari pemberian antivenom selanjutnya.



·         Kenali jenis ular yang mematuk. Apabila anda ragu dan agar lebih amannya maka bunuhlah ular yang mematuk agar hasil identifikasi lebih positif. Hal ini penting untuk menentukan pemberian antivenom yang monovalent, sehingga efeknya lebih tepat dan cepat. Jika tidak pun tidak apa-apa, sebab ada antivenom polyvalent yang dapat menetralisir bisa dari berbagai jenis ular.

1 komentar:

  1. kok modelnya kocak ya.. aa nya bagi satu dong :D

    BalasHapus